Lindungi Investasi Digital Anda Dengan Baik

25 Lindungi Investasi Digital AndaLindungi Investasi Digital Anda, Keamanan Cryptocurrency mencakup semua yg perlu Anda ketahui tentang potensi bahaya dengan cryptocurrency, serta dasar-dasar apa yg bisa Anda lakukan untuk membuat pengaturan Anda terkait dengan investasi atau perdagangan crypto Anda lebih aman dan melindungi aset crypto Anda.

Anda harus menyadari bahwa layanan cryptocurrency terpusat tidak menawarkan tingkat keamanan uang yg sama dengan bank. Pialang kripto, misalnya, tidak diatur secara ketat, dan Apabila dana hilang, mereka bisa hilang secara permanen. Sangat penting untuk selalu memperbarui diri Anda dengan informasi tentang keamanan cryptocurrency untuk mengetahui apa yg bisa salah dan bagaimana mencegah situasi seperti itu muncul.

baca juga: Perkembangan Uang Digital Dogecoin

Lindungi Investasi Digital Anda

Resiko dan Seberapa Amankah Cryptocurrency?

Teknologi Blockchain biasanya digunakan untuk membuat cryptocurrency. Metode transaksi dicatat dalam “blok”, dan stempel waktu dijelaskan oleh blockchain. Ini adalah prosedur yg panjang dan rumit, tetapi hasilnya adalah buku besar Lindungi Investasi Digital Anda yg aman dari transaksi cryptocurrency yg tidak bisa dipengaruhi oleh peretas.

Transaksi juga membutuhkan proses otentikasi dua faktor. Sementara langkah-langkah keamanan diterapkan, ini tidak berarti bahwa cryptocurrency kebal terhadap peretas.

Jelas bertanya-tanya mengapa keamanan cryptocurrency sangat ditekankan ketika cryptocurrency agak aman. Mari kita pahami risiko yg muncul saat terlibat di sektor kripto.

Risiko 1: Ketika orang meninggalkan cryptocurrency di bursa

Banyak orang meninggalkan mata uang kripto mereka di bursa saat mereka pertama kali mulai memperdagangkan mata uang kripto. Sangat mudah karena dana dan koin kripto sudah tersedia untuk transaksi. Namun, sayangnya, peretas juga menyukai gagasan bahwa begitu banyak cryptocurrency ada di satu lokasi, siap untuk diambil. Selain itu, peretasan pertukaran tidak terbatas pada pihak lain; karyawan dan bahkan pendiri bursa telah melakukan penipuan yg signifikan.

Risiko 2: Menyimpan Cryptocurrency Secara Lokal

Berbeda dengan meninggalkan seed phrase di penyimpanan cloud terpusat, beberapa contoh seed phrase dicadangkan di perangkat lokal dan kemudian hilang atau dicuri, atau PIN/Sandi dilupakan. Masalah dengan penyimpanan lokal adalah mudah salah menaruhnya atau seseorang melacak Anda dan mencurinya.

Risiko 3: Menjadi sasaran penjahat.

Terdapat kemungkinan bahwa uang digital kalian telah menjadi sasaran, karena banyak data pribadi yang dapat di akses oleh siapa saja yang ingin menargetkan kailan. Link email phishing, Serangan SIM Swap yang di lakukan melalui autentikasi 2 faktor, maupun taktis smart social merupakan beberapa contoh serangan secara pribadi. Pada tahun 2020, protokol DeFi digunakan di sebagian besar pencurian kripto (50 persen).

Risiko 4: Kerugian karena kecelakaan dan bencana alam

Jumlah cryptocurrency yg hilang karena kecelakaan dan bencana alam sulit untuk diperkirakan. Namun, diperkirakan mencapai miliaran dolar. Kecelakaan juga berperan. Banyak orang yang yakin untuk penyebab umum dari sebuah kehilangan adalah lupa Pin maupun kata sandi akun, walaupun telah mempersiapkan keamanan akun yang baik. Tapi kecelakaan dan bencana alam juga mungkin terjadi. Faktor ini biasanya banyak terlewatkan saat menangani masalah keamanan cryptocurrency.

Risiko 5: Hilangnya kekayaan generasi

Kami biasanya tidak berpikir tentang kematian atau ketidakmampuan ketika merenungkan bagaimana memasuki dunia kripto yg sama sekali baru, tetapi dampak dari keamanan kripto berarti bahwa perlindungan tertentu harus diambil untuk menjaga aksesibilitas dana oleh generasi mendatang. Ini dimulai dengan berkonsultasi dengan perwalian dan pengacara real untuk membuat surat wasiat dan strategi untuk mendistribusikan aset kepada penerima manfaat.

Keamanan Cryptocurrency – Tindakan yg harus diambil

Pekerjaan seperti peretasan memanglah sulit untuk di cari dan di lacak, karena terdapat kemungkinan log maupun history dapat mereka hapus. Investor memiliki sedikit jalan hukum Apabila akun cryptocurrency mereka diretas karena koin virtual saat ini tidak diatur oleh organisasi pemerintah atau bank sentral mana pun. Jadi bagian selanjutnya dari keamanan cryptocurrency adalah mengetahui tentang langkah-langkah yg perlu diambil.

1. Penelitian Tentang Pertukaran

Pelajari dan teliti secara ekstensif tentang pertukaran mata uang kripto sebelum Lindungi Investasi Digital Anda satu dolar. Platform ini memungkinkan pengguna membeli dan menjual mata uang digital, tetapi ada pertukaran yg berbeda untuk dipilih. Sebelum membuat keputusan, lakukan pekerjaan rumah Anda, pelajari ulasan, dan bicarakan dengan investor yg lebih berpengalaman.

2. Ketahui Cara Menyimpan Cryptocurrency Anda dengan Aman

Anda harus menyimpan cryptocurrency Apabila Anda membelinya. Anda bisa menyimpannya di dompet Lindungi Investasi Digital Anda atau di bursa. Meskipun ada banyak dompet, masing-masing memiliki keunggulan, kebutuhan teknologi, dan fitur keamanannya sendiri. Anda harus meneliti opsi penyimpanan Anda sebelum berinvestasi, seperti yg Anda lakukan dengan bursa.

3. Dalam hal keamanan dompet digital, pakai strategi hybrid.

Dompet online menjadi semakin populer, menarik perhatian para peretas. Mayoritas cryptocurrency konsumen harus disimpan di dompet offline atau fisik, dengan hanya sejumlah kecil yg disimpan di dompet online. Dompet fisik harus disimpan dengan aman, seperti di brankas atau brankas. Memisahkan key privat dan publik juga merupakan ide yg bagus. Apabila memungkinkan, keduanya harus diamankan memakai kata sandi yg rumit dan otentikasi multifaktor.

4. Penggunaan dua kata sandi yg kuat sangat penting.

Jangan pernah memakai kata sandi yg sama untuk beberapa akun, terutama karena layanan cryptocurrency adalah target populer bagi penjahat dunia maya. Asumsikan bahwa mereka semua akan memiliki pelanggaran data di beberapa titik. Batasi risiko Anda memakai kata sandi yg berbeda dan kuat untuk masing-masing, sebaiknya dengan verifikasi dua faktor dan rotasi kata sandi.

5. Terlibat dengan dompet, pertukaran, broker, dan aplikasi seluler cryptocurrency yg tepercaya.

Investor harus hati-hati memeriksa fitur keamanan setiap platform sebelum memilih mana yg akan digunakan untuk memahami bagaimana data mereka akan diamankan. Saat menyimpan kripto, entitas yg bisa dipercaya harus mengambil langkah-langkah keamanan yg optimal, termasuk otentikasi multi-faktor, enkripsi SSL/TLS, dan perangkat dengan celah udara tetap offline. Baik Anda memakai satu atau beberapa platform cryptocurrency, sangat penting untuk menjaga pengelola kata sandi yg aman untuk menghindari kehilangan kredensial.

6. Simpan key rahasia untuk diri sendiri.

key rahasia digunakan untuk memverifikasi bahwa orang yg mengirim atau menerima mata uang digital adalah pemilik dompet. Penyimpanan dingin adalah teknik paling aman untuk menyimpan key pribadi Anda. Mencetak key Anda dan menghapus semua jejak digitalnya adalah apa yg dimaksud dengan penyimpanan dingin.

Anda hanya bisa memilih cara terbaik untuk memilih dan mengatur dompet kripto Anda dan aset Lindungi Investasi Digital Anda lainnya dengan cadangan frase awal dan opsi pengaturan dompet lainnya dan berharap untuk menghindari terjadinya situasi tragis. Tetapi menjaga diri Anda tetap diposting dengan informasi dan pembaruan yg terkait dengan keamanan cryptocurrency biasanya merupakan pilihan terbaik dalam hal mengambil langkah-langkah terbaik untuk tetap aman di dunia crypto.

Info Tentang CryptoCurrency

Cryptocurrency biasanya dibangun menggunakan teknologi blockchain. Blockchain merupakan sebuah cara transaksi yang di simpan ke dalam “blok” dan cap waktu transaksi. Ini adalah proses teknis yang cukup rumit, tetapi hasilnya adalah buku besar Lindungi Investasi Digital Anda dari transaksi cryptocurrency yang sulit untuk dirusak oleh peretas.

Selain itu, transaksi memerlukan proses otentikasi dua faktor. Misalnya, Anda mungkin diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk memulai transaksi.Setelah itu kalian harus input kode OTP yg akan dikirimkan melalui SMS ke smartphone milik kalian.

Sementara dengan adanya keamanan, akan selalu ada celah yang di miliki oleh pihak ketiga untuk meretas Cryptocurrency. Sebagai faktanya, untuk meretas bernilai tinggu, membuat cryptocurrency menjadi sangat mahal. Peretas mencapai Coincheck hingga $ 534 juta dan BitGrail sebesar $ 195 juta pada tahun 2018. Itu menjadikan mereka dua peretasan cryptocurrency terbesar tahun 2018, menurut Investopedia.